Selasa, 18 Oktober 2011

MEDIA AUDIO VISUAL

Pengertian Audio Visual

1. Audio visual adalah media instruksional modern yang sesuai dengan perkembangan zaman (kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi), meliputi media yang dapat dilihat dan didengar

2. Media audio visual adalah merupakan media perantara atau penggunaan materi dan penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran sehingga membangun kondisi yang dapat membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap.

Dalam pembahasan ini akan dipaparkan sebagian dari bentuk media audio visual yang dapat diklasifikasikan menjadi enam kelas yaitu: 

1.Media audio visual gerak contoh, televisi, video tape, film   dan media audio pada umumnaya seperti kaset program, piringan, dan sebagainya.
2.Media audio visual diam contoh, filmastip bersuara, slide bersuara, komik dengan suara.
3.Media audio semi gerak contoh, telewriter, mose, dan media board.
4.Media visual gerak contoh, film bisu
5.Media visual diam contoh microfon, gambar, dan grafis, peta globe, bagan, dan sebagainya
6.Media audio contoh, radio, telepon, tape, disk dan sebagainya
 
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Penggunaan Media Audio Visual
1. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Media dipilih berdasarkan tujuan instruksional yang telah ditetapkan yang secara umum mengacu kepada salah satu atau gabungan dari dua atau tiga ranah kognitif, afektif dan psikomotor.
2. Tepat untuk mendukung isis pelajaran yang yang sifatnya fakta, konsep, prinsip yang generalisasi agar dapat membantu proses
     pengajaran secara efektif
3. Aspek materi yang menjadi pertimbangan dianggap penting dalam memilih media sesuai atau tidaknya antara materi dengan media yang digunakan atau berdampak pada hasil pengajaran siswa
4. Ketersediaan media disekolah atau memungkinkan bagi guru mendesain sendiri media yang akan digunakan merupakan hal yang perlu menjadi pertimbangan seorang guru

Kriteria Audio Visual
§
§Ketersediaan sumber setempat. Artinya bila media yang bersangkutan tidak terdapat pada sumber-sumber yang ada, maka harus dibeli atau dibuat sendiri.
§Efektifitas biaya, tujuan serta suatu teknis media pengajaran.
§Harus luwes, keperaktisan, dan ketahan lamaan media yang bersangkutan untuki waktu yang lama, artinya bisa digunakan dimanapun dengan peralatan yang ada disekitarnya dan kapanpun serta mudah dijinjing dan dipindahkan

Kesimpulan
§Dengan berbagai dasar pemilihan tersebut di atas, maka dapat dipahami bahwa pemilihan media harus sesuai dengan kemampuan dan karakteristik anak didik, pemilihan media audio visual dapat membantu siswa dalam menyerap isi pelajaran, media yang dipilih harus mampu memberikan motivasi dan minat siswa untuk lebih berprestasi dan termotivasi lebih giat belajar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar